Jamaah Majelis Dzikir As-Samawaat Al Maliki

Jamaah Majelis Dzikir As-Samawaat Al Maliki

Minggu, 13 November 2011

Profil K.H. Sa’adih Al-Batawi (Pimpinan Majelis Dzikir As-Samawaat Al Maliki)



PROFIL K.H. SA’ADIH AL-BATAWI
(PIMPINAN MAJELIS DZIKIR AS-SAMAWAAT AL MALIKI)
Syaikh KH Sa’adih Al-Batawi adalah Pimpinan Majelis Dzikir As-Samawat dan pembina Pondok Pesantren Daarul Mughni Al Maliky Al Hasany di Cileungi Bogor. Beliau Ulama Ahlusunnah Wal Jamaah yang sangat dekat dengan yatim, fakir miskin, sedikit tidur dan banyak lapar. Harta, tenaga, pikiran dan seluruh waktunya dihabiskan untuk mengajarkan ajaran Rasulullah SAW, tidak hanya melalui ajaran tapi melalui contoh dan prilaku. Dalam berda’wah beliau masuk ke tepi-tepi laut sampai naik ke ujung bukit dan pegunungan serta merambah ke berbagai pelosok wilayah nusantara. Beliau memberikan layanan pengobatan untuk umum bukan hanya untuk muslim secara cuma-cuma di rumahnya yang dilaksanakan setiap malam Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu, sedangkan malam lainnya beliau gunakan untuk berda’wah. Selain sebagai seorang ahli dakwah, beliau juga mengelola suberdaya ekonomi berbasis kerakyatan. Di bawah kepemimpinannya yang kharismatik, Majelis Dzikir As-Samawaat mengembangkan sumber ekonomi jamaah melalui BMT, Tambak Ikan, Tambak Udang dan kebun mangga, yang kesemuanya digunakan untuk kepentingan da’wah. Rencana ke depan beliau akan mengembangkan supermarket syariah.

 
Dengan pola manajemen da’wah modern beliau telah jauh memulai pengembangan laboratorium masyarakat melalui desa binaannya sejak tahun 1993. Dengan ketinggian sifat dermawannya dan layanannya kepada masyarakat yang bersifat cuma-cuma, murid-muridnya menyebut beliau sebagai ”khadimul ummat”. Beliau mengajarkan kepada muridnya Al-Qur’an dan Sunnah sebagai solusi kehidupan, dan menekankan hidup yang istiqomah. Dalam berda’wah beliau menekankan pentingnya kebersamaan sesama asatidz, dan menghindari one man show dan yang paling dilarang oleh beliau adalah meminta bayaran ketika berda’wah apalagi sampai pasang tarif (ittabiu man la yasalukum ajron). Dengan penuh kesabaran beliau mengajarkan kepada murid-muridnya baik dengan lisan maupun dengan contoh perbuatan tentang pentingnya hidup zuhud. Dalam metodologi pengenalan ajaran tasawuf yang disebutnya sebagai tasawuf intelektual dengan sangat menarik beliau membimbing seluruh murid-muridnya. Media khalwat beliau kenalkan dengan mempersiapkan tempat khusus di Desa Kohod, Tanjung Burung-Tangerang. Semuanya itu beliau lakukan hanya untuk menemukan dan mencari ridho Allah SWT. Beliau adalah tokoh tasawuf abad modern yang selalu membawa angin segar dari pemikiran keagamaannya sehingga murid-muridnya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari rakyat biasa, ulama-ulama soleh, para jendral, pengusaha, praktisi hukum, hingga para akademisi.

 
Pada Tanggal 18 Rabiul Akhir 1429 H atau tanggal 25 April Tahun 2008 M. Sayyid Alawy Al Maliky bersilaturahmi ke Majelis Dzikir As-Samawat Jakarta. Dalam kesempatan tersebut Beliau memberikan Ijazah dan Amanah kepada Syaikh KH Sa’adih Al-Batawi sebagai khalifah di Indonesia, penerus ajaran Rasulullah SAW di bawah Panji Ahlu Sunnah wal Jama’ah yang berpusat di Ma’had Al-Maliky, Makkah Al-Mukarromah, Saudi Arabia.

 
Sayyid Abbas bin Sayyid Alawy Al Maliky Al Hasany adalah Ulama Ahlusunnah waljamaah di Makkah, adik kandung dari Sayyid Muhammad bin Alwy Al Maliky Al Hasany. As Sayyid Alwi bin Abbas Al Maliky Al Hasany ayahanda Sayyid Abbas bin Alawy Al Maliky seorang alim ulama terkenal dan ternama di kota Makkah. Beliau adalah salah satu guru dari ulama-ulama sepuh di Indonesia, seperti K.H. Hasyim Asy’ari. KH. Abdullah Faqih Langitan, dan Kyai Manshur, dan yang lainnya. Setelah beliau wafat penerus da’wahnya dilanjutkan oleh putra beliau sendiri yaitu As Sayyid Muhammad kakak dari Sayyid Abbas. Setelah kakaknya wafat pada tanggal 15 Ramadhan 1425 H (2004 M) yang dimakamkan di pemakaman Al Ma’la disamping makam istri Rasulullah SAW Khadijah binti Khuwailid ra., maka Sayyid Abbas berperan sebagai penerus Ma’had Al-Maliky Al-Hasany.

 
As-Sayyid Muhammad kakak dari Sayyid Abbas merupakan pendidik Ahlus Sunnah wal Jama’ah, seorang ’alim kontemporer dalam ilmu hadits, ’alim mufassir (penafsir) Qur’an, Fiqh, doktrin (’aqidah), tasawwuf, dan biografi Nabawi (sirah). Beliau adalah da’i, pengajar, pembimbing, dosen, dan juga penceramah penulis unggul. Tidak kurang dari 100 buku yang telah dikarangnya, yang telah beredar di seluruh dunia. Salah satu karyanya yang monumental adalah Mafahim Yujibu an-Tusahhah (Konsep-konsep yang perlu diluruskan).
 
Karya beliau banyak menantang rekan-rekan senegaranya, kaum Salafi-Wahhabi, dan membuktikan kesalahan doktrin-doktrin mereka dengan menggunakan sumber-sumber dalil mereka. Untuk keberanian intelektualnya ini, Sayyid Muhammad dituduh sebagai ”seorang yang sesat”. Beliau pun dicekal sebagai pengajar di Masjidil Haram. Kitab karangannya dilarang beredar, Jabatan Professor di Ummul Qura dicabut. Beliau ditangkap dan passport-nya dtahan. Namun, dalam menghadapi semua itu beliau sikapi dengan sabar dan bahkan cahaya keulamaannya dan tasawufnya semakin cemerlang. Namun dunia Muslim memaksa kaum Salafi-Wahhabi untuk menghentikan usaha tekanan tersebut dan akhirnya beberapa di antara mereka ada yang berpihak dan mendukung beliau.

 
Kegiatan As-Samawaat

 
Kegiatan-kegiatan As-Samawaat mencakup pada kegiatan lahiriyah dan batiniyah yang berupa pembangunan moral pribadi, keluarga dan masyarakat. Kegiatan besar yang telah dimiliki As-Samawaat sampai saat ini telah sampai pada 7 bentuk kegiatan yaitu :
 
1. Wadah pengobatan, yaitu As-Samawaat setiap malam Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu membuka pengobatan melalui terapi tasawuf. Pengobatan dimulai pukul 20.00 WIB sampai 04.00 WIB dengan pelayanan cara Islami dan muatan-muatan ibadah dengan tanpa dipungut biaya apapun dari mereka yang datang berobat.
 
2. Forum kajian dan riyadloh Spiritual Mingguan yaitu setiap malam jum’at (untuk laki-laki) dari pukul 21.00 WIB sampai menjelang subuh dan setiap malam selasa (untuk laki-laki dan perempuan) dari pukul 20.00 sampai ± 00.00 WIB. Didalamnya berupa bedah Al Qur’an perspektif tasawuf, tela’ah kritis kitab tasawuf, dan dzikir serta doa.
 
3. Forum kajian dan riyadloh spiritual Bulanan yaitu setiap Minggu ke empat tiap bulannya mulai pukul 07.00 WIB sampai menjelang Dzuhur. Di dalamnya berupa ; Muhasabah Al-Qur’an, kajian hadist, presentasi amaliah, dzikir dan do’a.
 
4. Wadah Silaturahmi dan keilmuan di tiap wilayah kantong-kantong jama’ah As-Samawaat. Sampai saat ini wilayah yang telah didomisili jama’ah As-Samawaat meliputi pada : Jakarta (Pusat, Selatan, Utara, Timur dan Barat), Bogor (Cilengsi dan Kota), Tangerang, Depok, Bekasi, Tambun, Karawang, Cirebon, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan. Kegiatan di wilayah-wilayah tersebut dikenal dengan pembinaan distrik-distrik. Didalamnya dibangun nilai-nilai persaudaraan, ilmu kemasyarakatan, ilmu-ilmu syari’at dan strategi dakwah gerakan moral.
 
5. Dakwah bil hal, yaitu dikenal di As-Samawaat dengan “amaliah”. Kegiatan tersebut adalah pengentasan kemiskinan dan pembangunan mental ala As-Samawaat. “amaliah” dapat dilakukan secara kolektif dan individual yaitu dengan memberikan bantuan financial, membangun fasilitas umum dan ibadah serta membimbing mental spiritual pada semua masyarakat miskin tanpa mengenal status dan golongan. “amaliah” ini telah berjalan seumur berdirinya As-Samawaat yaitu sudah menginjak tahun ke sebelas, yang telah mencakup 25 desa binaan di sepanjang pesisir pantai Tangerang.
 
6. Dakwah bil lisan, yaitu dengan melakukan penyuluhan-penyuluhan agama yang komprehensif dan universal melalui ceramah-ceramah keagamaan. Kegiatan berupa tabligh-tabligh akbar, mimbar bebas, dialog dan lainnya yang bersifat penyampaian melalui lisan. Kegiatan bil lisan As-Samawaat telah dilakukan di beberapa kota-kota besar di tanah air ini yaitu : Jakarta, Bogor, Bandung, Jonggol, Cikarang, Depok, Tangerang, Bekasi, Tambun, Karawang, Indramayu, Cirebon, Brebes, Tegal, Purwokerto, Semarang, Salatiga, Padang, dan Samarinda (Kalimantan Timur).
 
7. Kegiatan lobi, yaitu dengan melakukan silaturahmi kepada para Alim Ulama yang istiqomah dan kepada para Umaro yang jujur dan amanah untuk mengajak bekerja sama dalam membangun Negara, bangsa dan agama. Kegiatan lobi As-Samawaat dilakukan dari tokoh-tokoh masyarakat kampung sampai masyarakat kota. Lobi yang sudah dilakukan As-Samawaat dan telah mencapai hasilnya, yaitu pada bidang hukum (As-Samawaat telah memiliki beberapa pengacara, notaris dan jaksa yang masih aktif), bidang politik dari tingkat kelurahan sampai ke-Presidenan (Jama’ah As-Samawaat banyak berasal dari birokrat yang amanah), bidang militer (As-Samawaat selalu bekerja sama dengan militer dari Kepolisian maupun TNI untuk mengadakan pencerahan mental spiritual), dan bidang agama (Setiap bulannya ulama dari berbagai wilayah di Indonesia aktif mengadakan pencerahan di As-Samawaat)


46 komentar:

  1. Bagaimana tahapan untuk menjadi murid beliau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. datang saja ke kebo jeruk, jalan puri kembangan. setiap akhir bulan di hari minggu selalud ada pengajian bulanan.

      Hapus
    2. Sengat mudah pake gamis dan udeng udeng bawa kita al quran dan riyadus sholihin

      Hapus
    3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Hapus
    4. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

      Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

      Hapus
  2. siippp .. Majelis terbuka untuk orang yang ingin belajar Ma'rifat kepada Allah Swt

    BalasHapus
  3. kalo pingin belajar pengobatan bisa

    BalasHapus
  4. Betapa bersemangatnya beliau kalau memberikan pencerahan tanpa menyakiti umat lainnya.

    BalasHapus
  5. Semoga Beliau dana para murid serta jamaahnya dipanjangkan umurnya, ditambahkan terus keberkahannya dan Insya Allah terus menjadi Contoh untuk semua Ulama dan para ustadz dan kaum muslimin di Indonesia sehingga umat islam kuat sampai akhir zaman, Terima kasih Penulis Blog (http://fero-assamawaat.blogspot.com) ini... sangat saya terkesan

    BalasHapus
  6. Tedy , Bagaimana caranya bisa bertemu pak Kyai

    BalasHapus
  7. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmatNya kepada beliau,dan semoga tetap istiqomah menjalankan ajaran Rosulullah SAW....aamiin...

    BalasHapus
  8. sy pertama gabung di assamawat 24-4 2016, alhasil sangat mengesankan, insya Allah sy akan terus jadi jamaahnya agar lebih dekat dg Allah dan menjadi orng yg marifat kpdNya, amiiin

    BalasHapus
  9. Apakah hari ini bisa melayani pengobatan? Kami bermaksud untuk berobat. Terimakasih

    BalasHapus
  10. Saya ingin meruqyah anak saya, tapi anaknya tidak ikut. Apakah bisa ? Terimakasih

    BalasHapus
  11. Saya ingin meruqyah anak saya, tapi anak saya tidak ikut. Apakah bisa ? Terimakasih

    BalasHapus
  12. assalamualaikum mohon info distrik tangerang hubungin siapa ya pak

    BalasHapus
  13. Asallam'mualaikum pak kyai aku minta bimbingan klo di bandung ada yg bisa saya hubungi g..biar sy bisa paham lagi tentang agama makasih was'sallam

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum pk.kyai sya mau bawa ibu sya berobat krna stroke ringannya.. Kira2 jadwal pengobatan di hari apa ya. Mohon infonya dri rekan rekan sekalian.. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. datang saja mas , di hari senin , selasa , rabu , atau jumat , datang di pagi hari jam 8 untuk ambil nomor antrian, nanti kembali lagi bada magrib untuk menjalani pengobatan , inshaa Allah , Allah angkat penyakitnya lewat perantara pak Kyai .. aamiin

      Hapus
  15. Alhamdulilah istri saya sudah sehat,inshàa allah saya dan keluarga ingin kesana lagi..
    Saya dan keluarga mengucapakan banyak2 terima kasih semoga allah memberikan kesehatan dan panjang umur k.H sa'aadih al batawi..amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kalau boleh tau memang istrinya sakit apa mas? Bisa buat jadi bukti ke tmn sy yang ayahnya sakit

      Hapus
    2. Maaf kalau boleh tau memang istrinya sakit apa mas? Bisa buat jadi bukti ke tmn sy yang ayahnya sakit

      Hapus
  16. Assalamualaikum.. Apa majlis zikir ini adanya cuma di puri kembangan?? Saya tinggal di cileungsi. Terima kasih. Wassalam

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum.. Apa majlis zikir ini adanya cuma di puri kembangan?? Saya tinggal di cileungsi. Terima kasih. Wassalam

    BalasHapus
  18. Alhamdllh ibu mertua saya udah lebih baik setelah berobat k KH saadih dan alhamdllh sekarang ini mertua saya rutin berobat ksini..

    BalasHapus
  19. Alhamdllh ibu mertua saya udah lebih baik setelah berobat k KH saadih dan alhamdllh sekarang ini mertua saya rutin berobat ksini..

    BalasHapus
  20. Alhamdllh ibu mertua saya sudah membaik dan sekarang rutin berobat k sini

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum, klo ambil karcisnya malam lansung ,bisa ga?

    BalasHapus
  22. Zirnydum, assalamualaikum, klo ambil karcisnya malam sekalian datang bisa ga?

    BalasHapus
  23. Zirnydum, assalamualaikum, klo ambil karcisnya malam sekalian datang bisa ga?

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum, klo ambil karcisnya malam lansung ,bisa ga?

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum pak kyai....sy punya anak perempuan, saya sebagai orang tua tentu saja menasehati anak supaya bisa mempunyai kehidupan yg lebih baik, tapi anak saya tidak setuju dengan nasehat saya bahkan malah menentang, setau saya anak memang harus berbakti kepada orang tuanya karena ga ada orang tua yang mau menjerumuskan anaknya, sebagai orang tua apa saya salah? Sampai anak segitu bencinya sama orang tua, makasih untuk balasannya

    BalasHapus
  26. mau tanya alamat lengkap yang di puri kembangan

    BalasHapus
  27. Assalamu alaikum ,,mau tanya untuk jadwal pengobatan sama pengambilan nomer hari apa dan jam brp ya ??,,,terima kasih

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum ustadz..
    Saya mahasiswa dari Purwokerto
    Kalo mau meneliti tentang manajemen dakwah di majlis dzikir assamawat kiranya bisa nggak yah?
    Lalu cara menghubungi pihak majlis seperti apa?
    Terima kasih

    BalasHapus
  29. Asalamualaikum,salam silaturahmi bua keluarga semuanya,saya mau bertanya,istri saya sakit sudah lebih dari 4 tahun tak kunjung sembuh seperti lumbuh tidak bertenaga,mohon bantuannya alamat tempat prakteknya semoga berjodoh,karna sudah berapa tempat yg saya datengi blm sembuh 100 persen terimakasih wasalam

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah nikmatnya sholawat zikir bersama beliau

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum Wr.Wb
    SmgPak kiyai slalu diberi kesehatan,, mf sy mau tanya; istri sy ad penyakit kista ginjal dam sdh sekitar 4 thn dideritanya, perut nya sdh membesar seperti ibi hamil 7 bln mhn maaf apakah msh bisa diobati sblm nya sy ucapkan byk tksh.
    Waalaikum salam Wr.Wb

    BalasHapus
  32. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum... Titip salam wat beliau dari saya fajri cucunya H. Hasan/Boson bin simi bin zenal... Kedoya pesing bendungan...

    BalasHapus